Cara Mengajukan NUPTK untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)

Yang terhormat,

  1. Bapak/Ibu Guru dan Staf SMKN 1 Grogol
  2. Bapak dan Ibu di Seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan berikut ini kami sampaikan langkah dan cara dalam pengajuan NUPTK.

Apa itu NUPTK ?

NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan. NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar , perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Dalam ini yang dimaksud dengan:

  1. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang selanjutnya disebut NUPTK adalah kode referensi yang berbentuk nomor unik bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebagai identitas dalam menjalankan tugas pada Satuan Pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Penerbitan NUPTK adalah proses pemberian NUPTK kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai dengan peraturan ini.
  3. Penonaktifan NUPTK adalah proses pemberhentian pemakaian NUPTK oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai dengan peraturan ini.
  4. Reaktivasi NUPTK adalah proses mengaktifkan atau menghidupkan kembali NUPTK yang sebelumnya sudah berstatus nonaktif oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai dengan peraturan ini.
  5. Pendidik adalah guru dan pendidik lainnya pada Satuan Pendidikan di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Tenaga Kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.
  7. Dinas Pendidikan adalah unsur pelaksana urusan pemerintahan daerah bidang pendidikan.
  8. Satuan Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  9. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, yang selanjutnya disebut PDSPK adalah unsur pendukung tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibidang data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.

Pengelolaan NUPTK bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan tata kelola data Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  2. Memberikan identitas resmi kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan; dan
  3. Memetakan kondisi riil data Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan.

Bagaimana Cara Mengajukan NUPTK ?

Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dapat mengajukan NUPTK dengan cara mengajukan ke sekolah melalui Operator Dapodik, selanjutnya Operator Dapodik akan menguplaod data - data yang dibutuhkan secara online melalui laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ , adapun persyaratan dan Proses pengajuan NUPTK adalah sebagai Berikut :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, jika ada hal-hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan silahkan bisa datang langsung ke kantor, atau bisa juga melalui Komentar atau japri.

Terima Kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam
Admin Mas Tio

Lampiran :

  1. Persekjen Kemendikbud Nomor 1 Tahun 2018
  2. Lampiran Persekjen Kemendikbud Nomor 1 Tahun 2018
  3. Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

Komentar dari Facebook

Penting : Cek secara berkala semua informasi

Agar selalu tau dan paham info terbaru dan penting terkait SMKN 1 Grogol Kediri

TOP