PROFIL PASKIBRA SMKN 1 Grogol

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas X atau XI. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus. Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan "CAPASKA" atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan "PASKIBRAKA", dan setelah 17 Agustus dinamakan "PURNA PASKIBRAKA".

Tingkatan Paskibraka ada tiga yaitu:

Paskibraka Nasional - bertugas di Istana Merdeka
Paskibraka Proinsi - bertugas di pusat pemerintahan gubernur provinsi
Paskibraka Kota - bertugas di usat pemerintahan wali kota/kabupaten

Paskibra adalah ekskul yang identik dengan kedisiplinan. Semangat persaudaraan dan jiwa KORSA sangat ditanamkan pada masing-masing anggotanya. Bagi siswa yang bercita-cita menjadi PASKIBRAKA baik tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional, ekskul PASKIBRA merupakan ekskul yang mampu mewujudkan cita-cita tersebut.

Paskibra melatih anggotanya agar siap baik fisik maupun mental untuk menjadi seorang PASKIBRAKA. PASKIBRA sekolah sangat membantu sekolah terutama dalam kelangsungan upacara dan pengibaran bendera Merah Putih setiap hari. PASKIBRA juga dibekali kemampuan PBB (Peraturan Baris-Berbaris) yang sangat berguna dan akan mendapatkan prioritas apabila hendak melanjutkan pendidikan ke Akademi Militer, AKPOL, dan Lembaga Pendidikan lainnya.

dipostkan oleh : Ahmad Zaim K., S.Pd

Komentar dari Facebook

Penting : Cek secara berkala semua informasi

Agar selalu tau dan paham info terbaru dan penting terkait SMKN 1 Grogol Kediri

TOP