Situs Resmi SMKN 1 Grogol Kediri

Menjadi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Yang Handal serta menghasilkan Lulusan Yang Kompeten, Cakap, dan Berkarakter Profil Pelajar Pancasila.

Kontak Info

Jl. Raya Cerme, Dsn. Glatik,
Ds. Cerme, Kec. Grogol, Kab. Kediri
info@smkn1grogolkediri.sch.id
0354-6025823

Follow Us

PEMANFAATAN RUNNING TEXT DALAM MENGATASI KEMACETAN MENUJU MEDAN BERHIAS

BAB I.  PENDAHULUAN 
a. Latar Belakang
Pertumbuhan jumlah kenderaan di kota Medan yang semakin pesat dan tidak diikuti dengan peningkatan sarana dan prasarana jalan yang memadai berdampak pada terjadinya kemacetan lalu lintas terutama pada jam-jam sibuk. Tingginya arus lalu lintas  Pagi hari diantara jam 7.30 wib sampai dengan jam 9.30 wib siang hari pada jam istirahat jam 12.00 wib sd. Jam 13.30 dan sore hari mulai dari jam 16.30 wib sd. 19.00 wib. Wilayah kemacetan terjadi di jalan-jalan utama di pusat kota terutama di wilayah perkantoran, pusat perbelanjaan  dan daerah industri.
Dari data statistik Kota Medan bahwa pertumbuhan kenderaan sebesar 19,85%  dapat dilihat bahwa perkembangan jumlah kenderaan dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Walaupun kondisi kemacetan belum separah kota Jakarta tetapi alangkah lebih baik jika pihak pemerintah kota Medan sudah harus berbenah diri dari sekarang sebelum semua menjadi lebih parah. Melihat tingkat pertumbuhan ekonomi yang juga semakin meningkat, tentu saja akan meningkatkan daya beli masyarakat  sesuai kebutuhan sarana transportasi. Apalagi sarana angkutan umum di kota Medan ini masih kurang diminati kalangan menengah ke atas dengan alasan rawan tindakan kriminal, supir yang ugal-ugalan, panas dan berbagai ketidaknyamanan dialami saat naik kenderaan umum.
Kepadatan arus lalu lintas berdampak pada kenyamanan dan keasrian kota, kondisi jalan yang belum memadai ditambah lagi dengan maraknya perbaikan dan pembangunan drainase disetiap ruas jalan yang rawan banjir, menyebabkan semakin tidak lancarnya lalu lintas di Kota Medan. Debu dan asap yang menyesak dada dan rongga pernafasan disaat cuaca panas. Becek dan banjir dimana-mana di saat hujan, menyebabkan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat di sekitar.
Semakin padatnya jumlah arus lalu lintas kenderaan, sedangkan untuk menambah jumlah sarana jalan raya dan prasarana lainnya butuh waktu dan perencanaan yang panjang dan tentu saja berbiaya tinggi. Maka dibutuhkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk dapat membantu pihak Pemerintah Kota Medan untuk memanfaatkan saran prasana yang sudah ada demi kelancaran dan kenyamanan di jalan raya.
Berbagai upaya yang selama ini dilakukan pun masih belum mampu mengantisipasi tingkat kemacetan yang terjadi. Layanan traffic light yang disertai dengan waiting time, pelebaran jalan, dan kebijakan penerapanan jalan satu arah  pada ruas jalan tertentu juga menimbulkan kemacetan pada jalan lainnya. Sementara menunggu kebijakan untuk pelebaran jalan dan sarana lainnya tentu membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu yang lama.
Tulisan ini ingin memberikan solusi alternative yang dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan fasilitas umum yang sudah ada, dan dapat ditambahkan kemanfaatannya sehingga dapat membantu pemerintah Kota Medan dalam mengatasi semakin tingginya tingkat kemacetan di Kota Medan. Salah satu fasilitas umum yang sudah ada dan memungkinkan untuk dapat ditambah fungsinya adalah running text, jika alat ini dijadikan sebagai sarana informasi situasi dan kondisi jalan diharapkan dapat memberikan informasi bagi pengendara dan penguna jalan untuk menghindari kemacetan jalan.
Dalam kesempatan ini  penulis akan mencoba menguraikan apa dan bagaimana peranan running text dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Kota Medan.

b. Rumusan Masalah
1. Bagaimana peranan Pemerintah
Kota Medan dalam mengatasi kemacetan lalu lintas?
2. Bagaimana solusi alternatif yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas running text  bagi pemerintah kota Medan dalam mengatasi kemacetan lalu lintas?

c. Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah :
1. Untuk memberikan masukan
dan solusi alternative bagi pemerintah Kota Medan dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di Medan
2. Untuk memberikan kemudahan layanan lalu lintas bagi pengguna jalan di kota Medan untuk dapat menghindari kemacetan di jalan raya melalui layanan running text.


Informasi terkait lainnya