SMKN 1 GROGOL

WEBSITE RESMI SMKN 1 GROGOL

Kontak Info

KEDIRI - JAWA TIMUR
info@smkn1grogolkediri.sch.id
0354-6025823

Follow Us

Update Data Siswa Untuk Dapodik, Erapor & Pengajuan Bantuan PIP/KIP Semester Ganjil Tapel 2025/2026

www.smkn1grogolkediri.sch.id | Update Data Siswa Untuk Dapodik, Erapor & Pengajuan Bantuan PIP/KIP Semester Ganjil Tapel 2025/2026

Kepada Yth. 

  1. Bapak/Ibu Wali Kelas X, XI, dan XII
  2. Orang Tua/Wali Murid Kelas X, XI, dan XII
  3. Siswa/Siswa Kelas X, XI, dan XII

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Sehubungan telah rilisnya aplikasi Dapodik semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026, guna untuk Update data periodik dan Proses Pengajuan PIP maka kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

  1. Semua siswa wajib melakukan update data untuk Dapodik, Erapor dan Pengajuan PIP pada link : https://sisda.smkn1grogolkediri.sch.id/, untuk user dan password login menggunakan NISN dan Tanggal Lahir.
  2. Sebelum melakukan pengisian data siapkan beberapa berkas berupa file/scan antara lain : 
    a. Kartu Keluarga (KK)
    b. Akta Lahir
    c. Ijazah SD dan SMP, Khusus kelas X, Jika Ijazah SMP/MTS belum terbit, silahkan mengupload SKL, dan nanti jika Ijazah SMP/MTS Sudah Terbit WAJIB melakukan update data ulang!
    d. Kartu Bantuan dari Pemerintah (Jika Punya) misalnya : KIP, PKH, KKS,dll.
    e. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa jika ingin mengajukan PIP tetapi tidak memiliki kartu bantuan dari pemerintah pada point D diatas.
    f. File Foto siswa terbaru dengan berformat JPEG/PNG dengan ukuran minimal 100 kb dan maksimal 500 kb.
    g. Untuk File KK, Ijazah, Kartu bantuan & SKTM berformat PDF dengan ukuran minimal 100 kb dan maksimal 500 kb.
  3. Jika semua data sudah selesai diisi, silahkan Unduh dan cetak bukti pengisian data dan Pengajuan PIP, kemudian dicetak dan ditanda tangani oleh siswa serta mengetahui wali kelas, selanjutnya silahkan dikumpulkan ke ketua kelas untuk dikumpulkan ke Kantor SMKN 1 Grogol Di Glatik (Ke Bu Indah/Anys Sandra).
  4. Batas Waktu Update Data Siswa dan Pengajuan PIP, Hari Sabtu, 09 Agustus 2025 Pukul 14.00 WIB.
  5. Berkas yang dikumpulkan Ke Sekolah :
    a. Untuk Kelas X (Baik mengajukan PIP/Tidak) : Cetak Bukti Update Data, KK, Akte Lahir, Ijazah SMP (Jika Belum Keluar, Lampirkan Ijazah SD dan SKL) dan Kartu Bantuan Pemerintah/SKTM (Jika Punya).
    b. Untuk XI dan XII : 
    1. Bagi yang TIDAK mengajukan Bantuan PIP : Cetak Bukti Update Data.
    2. Bagi yang mengajukan PIP : Bukti Cetak Update Data, KK, Akte Lahir, Kartu Bantuan/SKTM, dan Ijazah SMP.

Contoh Berkas Yang di Upload (WAJIB JELAS dan TIDAK TERPOTONG ) : 

  1. Bukti Cetak Pengisian Data dan Pengajuan PIP : Klik Disini
  2. Kartu Keluarga : Klik Disini
  3. Akta Lahir : Klik Disini
  4. Kartu Bantuan Pemerintah (KIP) : Klik Disini
  5. Kartu Bantuan Pemerintah (KKS) : Klik Disini
  6. SKTM : Klik Disini

Alat Bantuan Kompres/Mengecilkan Ukuran File: 

  1. Cara Mengecilkan/Kompres File PDF silahkan kunjungi laman ini : KLIK DISINI atau bisa juga pakai ini : KLIK DISINI
  2. Mengecilkan Ukuran Gambar : KLIK DISINI

Catatan : 

  1. NISN bisa dilihat secara online dilaman : https://www.kemendikbudristek.com/nisn.data-sub/index.html, atau di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ atau bisa juga dilihat di RAPOR/Ijazah.
  2. Penulisan Nama dan biodata lainnya disesuaikan dengan data di IJazah/KK/Akte Lahir, jika ada data yang berbeda antara di Ijazah, KK dan Akte Lahir bisa dibetulkan sesuai data yang benar.
  3. Alamat Rumah disesuaikan dengan data di KK.
  4. Nama Jalan : isi dengan nama jalannya. Jika tidak ada kasih tanda - (Strip) atau Jl. -.
    Contoh Penulisan : Jln. Merbabu, Jln. Mawar, Jln. Buntu, Atau Jln. - (Jika Tidak ada nama jalannya)
  5. Penulisan nama DUSUN (Jika ada) tidak perlu di kasih tulisan DUSUN/DSN. langsung saja di tulis nama dusunnya. contoh : Geneng, Clowok, TIDAK PERLU SEPERTI INI : DSN. GENENG, DSN. CLOWOK.
  6. Penulisan Nama Sekolah SD/SMP disesuaikan dengan nama di sekolah di Rapor/Ijazah
  7. Email bisa menggunakan email sekolah/Pribadi.
  8. Nomor HP pastikan AKTIF dan bisa dihubungi.
  9. HINDARI KESALAHAN DATA ENRTYAN/UPLOAD BERKAS, Karena data akan digunakan untuk Rapor dan Pengajuan Bantuan.

Demikian informasi tentang Update Data Siswa Untuk Dapodik, Erapor & Pengajuan Bantuan PIP/KIP Semester Ganjil Tapel 2025/2026 yang dapat kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 


Informasi terkait lainnya